Logo AQUA

10 Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan & Cara Membuatnya

Hidup Sehat | 08 Juli 2024

Bagikan:

10 Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan & Cara Membuatnya

Beberapa orang mungkin kerap menganggap seledri sebagai pelengkap hidangan saja. Namun, tahukah Anda bahwa seledri bisa diolah menjadi jus yang menyegarkan sekaligus menyehatkan? Manfaat jus seledri untuk kesehatan sangat banyak sekali berkat kandungan nutrisinya yang kaya dan beragam. 

Oleh karena itu, di artikel ini akan dibahas mengenai 10 manfaat jus seledri untuk kesehatan, mulai dari merawat organ pencernaan hingga menghidrasi tubuh. Yuk, simak hingga akhir agar Anda mendapat pemahaman yang lebih mendalam.

Kandungan Nutrisi Sayur Seledri 

Sebelum membahas tentang manfaat jus seledri untuk  kesehatan, Anda perlu tahu lebih dulu apa saja kandungan nutrisi dalam 100 gram seledri:

  • Vitamin A: 63 mcg (11% Angka Kecukupan Gizi).
  • Vitamin C: 14 mg (16% AKG).
  • Vitamin K: 102 mcg (133% AKG).
  • Folat: 40 mcg (10% AKG).
  • Kalium: 420 mg (11% AKG).
  • Mangan: 0.3 mg (14% AKG).
  • Kalsium: 40 mg (4% AKG).
  • Fosfor: 40 mg (4% AKG).
  • Serat: 2 gram (5% AKG).
  • Antiinflamasi dan antioksidan: flavonoid, polifenol, dan beta-karoten

Baca juga: 11 Rekomendasi Jus untuk Diet, Bantu Turunkan Berat Badan!

Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan

Berkat kandungan seledri yang kaya, maka tak heran jika manfaatnya bagi kesehatan sangatlah beragam. Berikut penjelasan detail mengenai manfaat jus seledri untuk kesehatan.

1. Merawat Organ Pencernaan 

Manfaat jus seledri yang pertama adalah merawat organ pencernaan. Hal ini karena jus seledri mengandung serat yang dapat membantu mengurangi risiko sembelit. Selain itu, seledri juga mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus berkat kandungan seratnya yang dapat berfungsi sebagai prebiotik alami. Bakteri baik ini membantu melindungi tubuh dari serangan patogen.

2. Menjaga Tekanan Darah

Jus seledri mengandung kalium dan senyawa pthalia yang merangsang produksi dan aktivitas enzim yang membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan berlebih pada dinding arteri.

Selain itu, berkat sifat diuretik alaminya, jus seledri juga membantu menghilangkan kelebihan natrium dan air di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Jus seledri berperan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung berkat kandungan antioksidannya yang melimpah. Antioksidan ini berfungsi melawan radikal bebas serta molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh sehingga berpotensi memicu penyakit jantung. 

Selain itu, antioksidan dalam jus seledri juga membantu mencegah pembentukan plak arteri yang menyebabkan arteriosklerosis. Dengan demikian, rutin mengonsumsi jus seledri dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular sehingga mencegah risiko penyakit jantung.

Manfaat antihipertensi dari daun seledri juga bermanfaat mengurangi beban kerja dari otot jantung sehingga membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mengontrol Gula Darah 

Manfaat jus seledri selanjutnya adalah mengontrol gula darah. Berkat kandungan karbohidratnya yang rendah, jus seledri tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan setelah dikonsumsi. Serat dalam jus seledri juga membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah sehingga mengonsumsi jus seledri secara rutin akan membantu mengurangi risiko komplikasi terkait diabetes.

5. Menjaga Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam jus seledri dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini karena vitamin C berperan dalam merangsang produksi sel darah putih, yaitu komponen utama sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu, jus seledri juga mengandung berbagai jenis antioksidan yang membantu melawan radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terserang infeksi dan penyakit.

6. Mengurangi Peradangan 

Manfaat jus seledri yang keenam adalah mengurangi peradangan. Senyawa antiinflamasi yang dikandungnya memberi efek menenangkan terhadap peradangan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jus seledri secara teratur, Anda dapat meminimalkan risiko penyakit kronis yang berkaitan dengan peradangan, seperti diabetes. 

7. Menyehatkan Mata 

Kandungan vitamin A dalam jus seledri sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu meminimalkan risiko katarak dan degenerasi makular, yaitu kerusakan pada bagian pusat retina yang menyebabkan gangguan penglihatan. Oleh karena itu, mengonsumsi jus seledri secara rutin dapat menjadi salah satu usaha dalam menjaga kesehatan mata Anda.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Jus seledri dapat membantu menurunkan berat badan berkat kandungan kalorinya yang rendah, tapi kaya akan serat. Konsumsi jus seledri akan mengurangi nafsu makan berlebihan sehingga menjadi cara efektif untuk membangun pola makan yang lebih sehat dan seimbang.

9. Menjaga Kesehatan Tulang 

Vitamin K yang terkandung dalam seledri dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Vitamin ini berfungsi sebagai katalisator yang penting dalam proses penyerapan kalsium oleh tulang. Dengan kata lain, vitamin K membantu mencegah kerapuhan tulang atau osteoporosis yang bisa terjadi akibat kekurangan kalsium. 

10. Menghidrasi Tubuh

Manfaat jus seledri yang terakhir adalah menghidrasi tubuh. Kandungan air yang melimpah dalam jus seledri dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Kadar air yang cukup dalam tubuh juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap lembut, segar, dan terhidrasi.

Baca juga: 10 Jus Sayuran untuk Kesehatan Tubuh yang Mudah Dibuat

Cara Membuat Jus Seledri

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dan khasiat jus seledri bagi kesehatan, maka selanjutnya, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membuat jus seledri. Yuk, simak bahan-bahan, alat, dan langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 ikat seledri (sekitar 8-10 batang).
  • 1 buah apel (opsional, untuk menambah rasa manis).
  • 1 buah mentimun (opsional, untuk rasa yang lebih segar).
  • 1 sendok makan air perasan lemon (opsional).
  • Es batu (opsional).

Alat:

  • Blender atau juicer.
  • Saringan (jika menggunakan blender).
  • Gelas 

Langkah-langkah:

  1. Cuci bersih seledri, apel, dan mentimun.
  2. Potong seledri, apel, dan mentimun menjadi bagian kecil agar lebih mudah di-blend.
  3. Setelah diblender atau di-juicer, tuang jus seledri ke dalam gelas dengan menggunakan saringan.
  4. Tambahkan satu sendok makan air perasan lemon untuk menambah rasa segar dan meningkatkan kandungan vitamin C.
  5. Tambahkan es batu jika Anda ingin jus yang dingin dan lebih segar.
  6. Jus seledri siap dinikmati. Sebaiknya, jus ini diminum pada pagi hari saat perut kosong untuk mendapatkan manfaat detoksifikasi yang optimal.

Demikian penjelasan mengenai manfaat jus seledri untuk kesehatan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda akan merasakan manfaat jus seledri berkat kandungan nutrisinya yang beragam. Selain itu, untuk menunjang kesehatan yang lebih optimal, selalu penuhi kebutuhan cairan harian Anda dengan #AQUADULU.

Selain itu, AQUA juga memberikan Anda kesempatan untuk memenangkan liburan keliling Indonesia secara gratis melalui program AQUA 100% Murni 100% Petualangan Indonesia! Program ini berlangsung dari tanggal 29 Mei hingga 30 September 2024.

Untuk berpartisipasi, Anda hanya perlu membeli produk AQUA di minimarket terdekat atau secara online melalui Klik Indomaret, Grabmart, Alfamart, Gomart, Astro, dan Midi Kring, kemudian kirimkan foto bukti pembelian produk AQUA ke WhatsApp resmi AQUA di nomor 087878700048.

Semakin sering Anda membeli AQUA, semakin besar peluang Anda untuk memenangkan hadiah berupa voucher hotel dan paket liburan ke berbagai destinasi menarik di Indonesia. Ayo, ikuti programnya sekarang!

Baca juga: 11 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Kenali!

Referensi:

  1. 6 Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan Tubuh - Buka
  2. Jangan Lewatkan 8 Manfaat Seledri untuk Kesehatan - Buka
  3. 11 Manfaat Jus Seledri dan Cara Membuatnya di Rumah - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .