Logo AQUA

12 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Tips Ramadhan | 17 Maret 2022

Bagikan:

12 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Terlepas dari tuntutan agama ataupun tradisi tertentu, sebenarnya berpuasa menyimpan banyak manfaat di baliknya. Menahan lapar dan haus selama berjam-jam ini bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga mampu mengatasi stres dan depresi sehingga berdampak positif secara psikis. Lalu, adakah manfaat puasa bagi kesehatan lainnya?

Tentu saja! Jadi, selain mengetahui menu berbuka terbaik serta bergizi, yuk cari tahu lebih lanjut apa manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani dalam artikel berikut ini.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani yang bisa Anda peroleh saat menjalaninya. Beberapa di antaranya, yaitu

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengubah pola makan dan menjalankan budaya hidup sehat adalah cara yang paling efektif untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menjalankan puasa mampu memberikan efek positif bagi kesehatan jantung.

Suatu penelitian menemukan bahwa orang yang berpuasa mempunyai jantung dengan kondisi lebih sehat bila dibandingkan yang tidak berpuasa [1]. Hal ini berkaitan dengan penurunan kadar lemak sehingga mengurangi risiko pembentukan plak di dalam pembuluh darah yang dapat menyumbat arteri koroner jantung.

2. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Sebuah penelitian di tahun 2017 dari National Center for Biotechnology Information (NCBI) pada 110 penderita obesitas menunjukkan bahwa puasa selama tiga minggu di bawah pengawasan medis secara signifikan mampu mengurangi tekanan darah, kadar trigliserida, kolesterol total, dan juga kolesterol jahat LDL dalam tubuh.

Secara lebih lanjut, penurunan intake makanan akan menyebabkan pembongkaran cadangan lemak tubuh yang disebut dengan liposisis dan glukoneogenesis.

3. Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa mampu membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan mengistirahatkan sel beta pankreas untuk menghasilkan sekaligus mencegah terjadinya resistensi insulin yang berguna bagi para penderita diabetes. Hal ini akan sangat membantu proses peredaran glukosa ke seluruh sel secara lebih efisien.

4. Menurunkan risiko terinfeksi penyakit

Selama diiringi dengan pola makan sehat, manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh bisa jadi lebih maksimal dan akan sangat membantu Anda agar terhindar dari berbagai penyakit. Rutin berpuasa secara benar membawa dampak positif atas perbaikan nyeri sendi, radang usus besar, dan beberapa penyakit kulit seperti eksis serta psoriasis.

5. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh yang telah dikenal luas yaitu membantu menurunkan berat badan. Secara lebih lanjut, puasa juga memberikan efek positif bagi Anda yang ingin mempertahankan berat badan ideal.

Sebuah studi menunjukkan bahwa puasa mampu mendorong proses metabolisme tubuh. Alhasil, pembongkaran glikogen dalam otot dan pemecahan cadangan lemak tubuh pun dapat terjadi. Dengan begitu, secara otomatis berat badan juga akan menurun.

Baca juga: Begini 6 Cara Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan

6. Mempertahankan kesehatan mental

Ini merupakan manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Selama berpuasa, kadar hormon kortisol atau stres dapat berkurang. Tak hanya itu, puasa juga dapat membantu merangsang hormon endorfin yang efektif untuk menenangkan perasaan cemas.

Di sisi lain, bagi beberapa orang, puasa juga akan membuat mereka merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Hal ini dapat memicu timbulnya ketenangan perasaan dan suasana batin sehingga pikiran pun tetap jernih.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan selanjutnya yaitu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat terjadi karena puasa mampu mengatasi kerusakan yang diakibatkan oleh peradangan dan juga radikal bebas.

8. Mempertahankan fungsi organ tubuh 

Jika masih penasaran apa manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh, maka inilah salah satu jawabannya. Puasa akan memberikan rangsangan ke seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh yang akan membantu memulihkan sekaligus meningkatkan fungsi utamanya.

9. Mendorong regenerasi sel

Selain mengubah lemak menjadi energi selama berpuasa, tubuh juga akan membuat sel-sel yang sudah tua dan rusak untuk mengoptimalkan pembentukan tenaga sehingga kita pun tetap kuat menjalaninya hingga saat berbuka. Inilah yang nantinya akan memicu proses regenerasi sel dalam tubuh.

10. Meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan

Bukan hanya sebatas hormon pertumbuhan, HGH juga memiliki andil yang besar bagi kesehatan Anda. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa hormon HGH terlibat dalam sistem metabolisme, pertumbuhan, dan kekuatan otot. Suatu studi pada 11 orang dewasa menyebutkan bila puasa selama 24 jam secara signifikan meningkatkan kadar HGH.

11. Menyehatkan kulit

Menjalani pola makan dan hidup yang sehat akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan kulit. Sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Hal ini berkaitan, sebab tingginya kadar gula darah akan meningkatan kadar glukosa sehingga memicu naiknya metalloproteinase 1 dan 2 yang menyebabkan terjadinya gangguan struktur kolagen pada kulit dan melemahkan kekuatan serta ketahanannya [2]. Artinya, dalam jangka panjang, puasa juga akan membantu Anda untuk mencegah penuaan dini pada kulit [3].

Baca juga: 3 Manfaat Air Putih untuk Kecantikan Kulit

12. Meredakan peradangan

Selain beberapa poin sebelumnya, manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh terakhir ini juga tak kalah penting. Sebab peradangan umumnya merupakan indikasi adanya gangguan kesehatan dalam tubuh. Sebuah penelitian pada 50 orang menunjukkan bahwa puasa intermiten selama satu bulan secara signifikan dapat menurunkan tingkat penanda inflamasi.

Sebagai tambahan, tingginya kadar lemak dan glukosa ini dapat memicu reaksi inflamasi yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Jadi sederhananya, puasa mampu menurunkan intake glukosa dan lemak sehingga menurunkan mediator-mediator inflamasi di dalam sirkulasi darah.

Demikian pembahasan lengkap tentang apa manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani yang telah AQUA rangkum untuk Anda. Mengingat banyaknya kebaikan di baliknya, pastikan untuk menjalani puasa secara benar. Salah satunya yaitu dengan #AQUADULU minimal 8 gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan air minum Anda selama berpuasa. Diciptakan oleh alam, 100% murni air mineral pegunungan untuk bulan yang suci. 

Referensi

  1. 8 Health Benefits of Fasting, Backed by Science - Buka
  2. Alterations of Dermal Connective Tissue Collagen in Diabetes: Molecular Basis of Aged-Appearing Skin - Buka
  3. Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .