7 Manfaat Bersepeda di Pagi Hari Secara Rutin Bagi Kesehatan

Hidup Aktif | 18 Juli 2022

Bagikan:

7 Manfaat Bersepeda di Pagi Hari Secara Rutin Bagi Kesehatan

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga untuk menjaga kesehatan yang mudah dilakukan. Tak heran bila olahraga ini menjadi favorit banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Manfaat bersepeda di pagi hari pun sangat beragam.

Menurut Dr. Clare Safran-Norton, Physical Therapist dari Harvard University, ada pula manfaat bersepeda lainnya di luar aspek kesehatan.

“Kegiatan yang memacu sosialisasi, menyenangkan, dan bersepeda dapat membawamu keluar sekaligus berolahraga,” pungkas Dr. Clare Safran-Norton.

Kegiatan bersepeda yang memang menyenangkan juga menghadirkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa manfaat bersepeda tersebut? Yuk simak deretannya berikut!

Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh

Olahraga bersepeda memang cukup sederhana, namun memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa di antaranya.

1. Baik untuk Persendian

Sendi merupakan pertemuan antara satu bagian tulang dengan yang lainnya. Ketika bersepeda dan duduk, maka beban tubuh tidak sepenuhnya ditopang oleh sendi di kaki sehingga hal ini meminimalisir stres yang diterima oleh sendi yang menopang berat badan.

Sehingga, manfaat bersepeda di pagi hari akan memacu pergerakan di bagian sendi. “Bersepeda baik untuk siapapun yang memiliki riwayat penyakit persendian atau nyeri karena umur,” ujar Dr. Safran-Norton.

Ada banyak persendian yang melibatkan olahraga bersepeda, salah satunya adalah bagian lutut. Tumpuan ini juga menggunakan otot paha sebagai tenaga gerak sendi utama.

2. Mengurangi Tingkat Stres

Manfaat bersepeda bagi wanita maupun pria lainnya ialah mengurangi tingkat stres. Ya, stres merupakan salah satu masalah yang dimiliki banyak orang, bisa karena kegiatan, masalah, atau aktivitas yang ditemui sehari-hari.

Saat bersepeda, tubuh akan memproduksi hormon dopamin yang berfungsi meningkatkan rasa bahagia saat bersepeda dan mengurangi tingkat stres atau bahkan depresi.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Diabetes merupakan mimpi buruk bagi semua orang, namun Anda dapat mengurangi tingkat risiko penyakit satu ini dengan manfaat bersepeda di pagi hari. Diabetes Tipe 2 yang meningkat menjadi salah satu perhatian khusus lembaga kesehatan.

Salah satu penyebab tingginya penyakit diabetes adalah kurangnya aktivitas fisik dan menjadi alasan terbanyak yang menyebabkan timbulnya penyakit ini.

Penelitian di Finlandia menemukan bahwa kegiatan bersepeda selama 30 menit per hari mampu mengurangi 40 persen resiko diabetes.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Lemak Perut Secara Alami dan Efektif

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ vital bagi manusia, di mana tugasnya sebagai pemompa oksigen dan darah ke seluruh organ tubuh.

Rupanya, manfaat bersepeda bagi kesehatan secara teratur mampu memperbaiki kinerja jantung, paru-paru, sirkulasi darah, hingga menurunkan penyakit kardiovaskular.

Manfaat bersepeda di pagi hari juga dapat memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak yang berada di dalam darah. Menurut studi di Denmark, orang yang bersepeda secara rutin akan memiliki risiko penyakit jantung yang kecil hingga di hari tua.

Tidak membutuhkan waktu yang lama, nyatanya 30 menit lebih dari cukup guna menjaga kualitas organ tubuh vital Anda tersebut.

5. Membuat Awet Muda

Tahukah Anda, manfaat bersepeda bagi tubuh juga bisa mencegah penuaan hingga ke tingkat sel. Aktivitas fisik intensitas tinggi seperti bersepeda mampu meningkatkan kapasitas serta fungsi mitokondria sehingga membuat Anda awet muda.

Bahkan survei terhadap Tour de France menunjukkan bahwa usia mantan pesepeda rata-rata adalah hingga 81,5 tahun, di mana angka tersebut lebih tinggi 17 persen dari rata-rata populasi umum yang hanya 73,4 tahun.

6. Meningkatkan Koordinasi, Keseimbangan, dan Kekuatan

Saat bersepeda, Anda harus menjaga postur tubuh agar tetap tegak. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh secara keseluruhan. Keseimbangan yang meningkat bisa mencegah risiko Anda terjatuh dan patah tulang.

Meski tak secara langsung mengurangi risiko, namun manfaat bersepeda di pagi hari sangat baik untuk penderita osteoarthritis lantaran bisa memberikan tekanan sedikit pada persendian.

7. Mengendalikan Berat Badan

Mengendalikan berat badan merupakan hal penting guna menjauhi berbagai risiko yang mengikutinya, seperti obesitas. Manfaat bersepeda di pagi hari mampu membakar lemak tubuh, meningkatkan metabolisme, hingga meningkatkan massa otot.

Bagi Anda yang sedang dalam program diet atau ingin mengurangi berat badan, bersepeda merupakan kegiatan yang bermanfaat dan mendukung program diet Anda. Kegiatan kardio satu ini mampu membakar kalori berlebih dan menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.

Kombinasi bersepeda secara teratur dan pola makan yang sehat dapat meningkatkan kinerja organ tubuh lebih baik. Kalori berlebih bisa dibakar melalui melakukan kegiatan bersepeda.

Tips Aman Bersepeda

Meskipun olahraga bersepeda mudah dilakukan, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan demi keamanan. Berikut tipsnya.

  • Gunakan pakaian khusus bersepeda dan hindari menggunakan pakaian longgar yang mudah tersangkut rantai sepeda.
  • Gunakan pelindung kepala, siku, dan lutut guna meminimalisir luka dan cedera akibat terjatuh.
  • Periksa kondisi sepeda sebelumnya, seperti ban, rem, jok, setang, dan lainnya.
  • Patuhi peraturan lalu lintas dan perhatikan kendaraan sekitar.
  • Hindari bersepeda apabila kondisi polusi udara sedang tinggi.
  • Gunakan tabir surya, kacamata hitam, dan topi jika bersepeda dalam waktu lama hingga siang hari.
  • Nyalakan lampu sepeda jika bersepeda di malam hari.

Baca juga: 13 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Itulah beragam manfaat bersepeda bagi tubuh yang patut Anda ketahui. Faktanya, bersepeda 30 menit setiap hari mampu membakar hampir 5 kilogram lemak secara teratur. Namun kembali ke poin awal, harus diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti istirahat cukup, mengonsumsi makanan sehat, dan cukup minum air putih.

Air minum berperan penting menjaga tubuh dari kekurangan cairan. Pasalnya, tubuh membutuhkan cairan untuk organ-organ seperti jantung, lambung, paru-paru, otak, dan lain sebagainya.

Pastikan bahwa air minum yang Anda konsumsi merupakan air mineral berkualitas. AQUA menjadi pelopor air minum berkualitas untuk menjaga tubuh dari dehidrasi. Kualitas air minum AQUA dijaga secara hati-hati, dikemas tanpa sentuhan tangan manusia.

Ekosistem di sekitar 17 mata air pegunungan yang tersebar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke juga dilindungi, sehingga kealamian mineralnya terjaga. Tidak hanya itu, air mineral AQUA memiliki kandungan mineral penting seperti Kalsium, Kalium, Magnesium, Silica, Zinc, dan lain sebagainya untuk kesehatan tulang dan gigi.

Yuk selalu jaga cairan tubuh Anda dengan minum #AQUADULU! Biar hati makin semangat, Anda juga bisa lho join di TikTok Challenge #AQUADULU. Buat video semenarik mungkin dan raih kesempatan untuk memenangkan hadiah senilai jutaan rupiah! Tunggu apalagi?

Referensi:

  1. 9 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh dan Mental Anda - Buka 
  2. The top 5 benefits of cycling - Buka 
  3. Cycling - health benefits - Buka 
  4. Organ-Organ Ini Tak Bisa Hidup Tanpa Air 
  5. Inilah Keunggulan Air Minum dari Sumber Air Pegunungan

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.