11 Makanan Sehat untuk Anak yang Bergizi dan Lezat, Cek Yuk!

Hidup Sehat | 26 Juli 2022

Bagikan:

11 Makanan Sehat untuk Anak yang Bergizi dan Lezat, Cek Yuk!

Setiap orang tua tentu ingin melihat anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal. Sehingga tak mengherankan bila mereka selalu berusaha memberikan makanan sehat untuk anak yang mengandung gizi tinggi.

Akan tetapi, terkadang si kecil enggan untuk makan makanan sehat seperti sayuran. Oleh karena itu, para orang tua harus memikirkan bagaimana cara agar si kecil tetap mendapatkan asupan gizi dari makanan tersebut.

Nah, sebaiknya Anda menyimak daftar menu makanan sehat untuk anak berikut beserta tips agar si kecil mau mengonsumsinya.

Makanan Sehat untuk Anak

Beberapa sumber makanan sehat untuk anak yang bergizi dan juga lezat di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Telur

Salah satu menu makanan sehat untuk anak adalah telur. Telur mengandung banyak nutrisi seperti omega-3, vitamin, asam folat, dan kolin yang bermanfaat bagi perkembangan otak anak. Anda bisa memberikan telur pada si kecil sebanyak satu butir per hari. Namun, jika anak alergi terhadap telur, sebaiknya jangan diberikan sama sekali, ya.

2. Sayuran

Makanan sehat untuk anak selanjutnya yaitu sayuran. Anda dapat mengenalkan berbagai jenis sayuran pada si kecil sejak dini seperti wortel, jagung, kentang, polong-polongan, dan sebagainya.

Wortel yang dimasak bermanfaat bagi tubuh karena mengandung tinggi serat, vitamin A, C, dan potassium. Vitamin A dan C dikenal baik untuk kesehatan mata serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Agar anak tidak menolak ketika diminta makan sayuran, cobalah sajikan dengan tampilan yang menarik atau desain seperti karakter favoritnya.

3. Yogurt

Makanan sehat untuk anak yang banyak disukai adalah yogurt. Yogurt mengandung probiotik tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta meningkatkan nafsu makan si kecil.

Tak hanya itu, yogurt juga kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Nah, sebaiknya Anda mencari yogurt dengan kemasan bertuliskan live active cultures. Tulisan tersebut menandakan bahwa yogurt mengandung bakteri aktif, rendah lemak, dan tanpa tambahan gula.

4. Susu

Susu terkenal sebagai minuman berkalsium tinggi. Selain itu, susu juga mengandung vitamin D untuk kesehatan tulang dan protein yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Anjuran konsumsi susu pada anak bervariasi tergantung usianya, namun rata-rata setiap anak minum susu 2-4 gelas per hari. Jika si kecil alergi terhadap laktosa, maka Anda bisa memberi susu free lactose.

5. Sereal

Seringkali si kecil suka makan sereal sebagai menu makanan sehat untuk anak. Pilihlah sereal biji-bijian utuh dengan fortifikasi kalsium dan tambahan serat. Atau sereal yang menyajikan tambahan zat besi serta vitamin dan juga mineral. Jika ingin lebih sehat, tambahkan pula potongan buah kesukaan si kecil seperti stroberi atau pisang.

Baca juga: 5 Kriteria Makanan Sehat dan Bergizi, Ini Tips Menerapkannya!

6. Selai Kacang

Beberapa orang tua enggan memberikan selai kacang sebagai menu makanan sehat untuk anak lantaran takut akan kandungan lemaknya.

Memang kandungan lemak pada selai kacang cukup tinggi, namun sebenarnya itu merupakan lemak tak jenuh tunggal atau ganda. Di mana jenis lemak tersebut lebih baik dibandingkan lemak jenuh yang terdapat pada makanan tinggi lemak lainnya.

Jadi, tak ada salahnya Anda memberikan selai kacang pada si kecil. Namun pilihlah yang rendah lemak atau kaya akan vitamin A, E, B6, asam folat, zat besi, magnesium, maupun zink sebagai tambahan sumber protein.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa selai kacang, atau kacang-kacangan pada umumnya juga bisa menyebabkan alergi pada Anak, sehingga perlu diperhatikan apakah anak Anda alergi atau tidak.

7. Ikan Tuna

Kabar baiknya adalah banyak anak-anak suka makan ikan tuna. Jadi, Anda tak perlu susah-susah membujuknya untuk mengonsumsi makanan ini. Ikan tuna baik untuk dikonsumsi pasalnya mengandung protein, omega-3, vitamin, dan mineral.

Meski begitu, pastikan si kecil mengonsumsinya dalam porsi sedang, yaitu 60 gram per sajian atau setara dengan seekor ikan.

Agar anak makin tertarik, Anda bisa menyajikannya dalam bentuk sandwich. Gunakan mayonaise rendah lemak dan roti gandum utuh biar lebih sehat.

8. Ikan Salmon

Selain ikan tuna, Anda juga dapat memberikan ikan salmon sebagai makanan sehat untuk anak. Ikan salmon mengandung kadar omega-3 yang tinggi serta vitamin A, D, dan selenium.

Kombinasi gizi tersebut baik untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi otak si kecil. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan sistem saraf dan bekerja sebagai antidepresan. Terlebih lagi, ikan salmon juga mengandung kalsium dan kalsitonin di mana bisa membantu meningkatkan massa dan kekuatan tulang.

9. Daging Merah Tanpa Lemak

Sumber zat besi terbaik yang mudah diserap tubuh anak adalah daging merah tanpa lemak. Anda bisa memberikan makanan ini pada si kecil sebanyak satu ons setiap hari sehingga tubuh anak lebih mudah menyerap zat besi dari sumber makanan lain.

Daging merah tanpa lemak juga mengandung zink yang mampu membantu menjaga daya ingat si kecil.

10. Kacang Hijau

Menu makanan sehat untuk anak selanjutnya adalah kacang hijau. Jenis makanan ini mengandung zat gizi cukup lengkap di antaranya karbohidrat kompleks, protein, vitamin C, asam folat, zat besi, zink, serta masih banyak lagi.

Beragam zat gizi tersebut terbukti dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil serta fungsi otaknya secara keseluruhan.

Baca juga: 3 Fakta Tentang Pentingnya Air Mineral untuk Kesehatan Anak

11. Air Mineral

Tubuh anak memiliki komposisi air yg lebih tinggi dan lebih rentan mengalami dehidrasi apabila sedang sakit. Maka, penting bagi Anda memastikan kebutuhan cairan tubuh anak tercukupi.

Salah satu caranya adalah dengan mengajak anak untuk minum air mineral dengan cukup. Air mineral berguna dalam melancarkan sistem pencernaan yang bisa mendukung proses tumbuh kembangnya.

Selain itu, minum air mineral juga dapat menunjang peningkatan kinerja otak sehingga membuat anak lebih cerdas. Anak pun akan lebih aktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari lantaran fungsi organ tubuhnya terjaga.

Itulah sejumlah makanan sehat untuk anak yang bergizi dan lezat. Sebagai orang tua, pastikan Anda selalu mencukupi kebutuhan gizi si kecil agar kesehatannya terjaga serta anak mampu tumbuh dan berkembang secara optimal.

Jangan lupa ajak si kecil rutin minum #AQUADULU setiap hari sesuai takaran usianya. AQUA sebagai air mineral berkualitas sudah jelas murni dan terlindungi. Kesegaran air AQUA diambil dari sumber mata air pegunungan pilihan yang diproses secara alami dan telah melalui lebih dari 400 uji kualitas tanpa tersentuh tangan.

AQUA juga berupaya melindungi ekosistem sekitar sumber airnya guna menjaga kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Murninya AQUA berikan kebaikan alam untuk keluarga Anda.

Ikuti TikTok Challenge #AQUADULU untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah menarik senilai jutaan rupiah. Ajak si kecil bikin video juga, ya!

Referensi:

11 Makanan Sehat dan Bergizi yang Disukai Anak - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.