Logo AQUA

10 Tempat Wisata di Parapat, Wajib Masuk Daftar Kunjungan

Bagikan:

10 Tempat Wisata di Parapat, Wajib Masuk Daftar Kunjungan

Liburan adalah satu satu cara menghilangkan stres yang ampuh. Dengan liburan, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih rileks dan segar. Selain ke luar negeri, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di Indonesia, salah satunya wisata di Parapat. 

Parapat adalah salah satu kelurahan di Provinsi Sumatra Utara yang menjadi akses menuju ke wisata Danau Toba dan sekitarnya. Temukan rekomendasi wisata di sekitar Danau Toba yang bisa Anda kunjungi melalui pembahasan di artikel ini!

Rekomendasi Wisata di Parapat

Bagi Anda yang sedang mencari ide wisata di Parapat atau di sekitar Danay Toba, beberapa rekomendasi berikut patut Anda kunjungi. 

1. Danau Toba

Tempat wisata di Parapat yang tidak boleh dilewatkan saat liburan adalah Danau Toba. Danau Toba adalah tempat liburan yang tepat untuk self healing karena suasananya yang tenang dan udaranya begitu menyejukkan.

Anda bisa menyewa kapal pesiar yang ada di pelabuhan terdekat untuk mengeksplorasi panorama wisata sekitar Danau Toba. Terdapat tiga rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju ke sana, yaitu rute Tongging-Silalahi sekitar 12 km, rute Tongging-Samosir sekitar 50 km, dan rute Lingkaran Utara sekitar 175 km.

2. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Rekomendasi tempat liburan di Parapat selanjutnya adalah Kebun Bunga Sapo Juma Tongging. Keindahan alam ini terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging sebenarnya adalah sejenis guest house atau penginapan vila yang dikelilingi hamparan taman bunga. 

Anda bisa menjelajahi taman bunga tersebut dengan menyusuri jalan setapak yang telah disediakan. Selain taman bunga, Anda pun dapat menikmati pemandangan danau sambil bersantai di area rerumputan hijau. Fasilitas yang tersedia pun lengkap, seperti kamar mandi, camping ground, dan guest house modern.

3. Aek Rangat Pangururan

Aek Rangat Pangururan merupakan wisata sekitar Danau Toba yang menjadi kawasan pemandian air panas alami. Lokasinya berada di lereng Gunung Pusuk Buhit yang ada di Pulau Samosir. Di Aek Rangat Pangururan, pengunjung bisa merilekskan tubuh sejenak dengan berendam di air kolam yang memiliki tingkat panas berbeda-beda.

Air kolam Aek Rangat Pangururan ini memiliki kandungan zat belerang yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tidak hanya itu, para pengunjung pun dapat melihat pemandangan bukit salju putih dan Danau Toba yang indah.

4. Batu Gantung

Wisata di Parapat berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Batu Gantung. Destinasi wisata ini berada tepat di atas tebing tepi Danau Toba setinggi 20-30 meter. Tempat wisata ini buka mulai pukul 09.30-17.30 WIB setiap hari, kecuali hari Minggu.

Ketika berkunjung ke sana, pengunjung harus menyeberangi Danau Toba dengan kapal yang ada di pelabuhan terdekat. Dari atas kapal tersebut, Anda bisa melihat keindahan Batu Gantung yang menggantung pada tepian tebing Danau Toba.

5. Bukit Indah Simarjarunjung

Jika ingin menghabiskan waktu liburan sambil menikmati keindahan perkebunan kopi, teh, dan persawahan hijau, maka Bukit Indah Simarjarunjung adalah tempat wisata di Parapat yang sesuai. Anda pun bisa mengabadikan berbagai momen indah di spot-spot foto unik yang tersedia di sana.

Wisata kota di sekitar Danau toba ini menyuguhkan keindahan alam bukit yang sangat memanjakan mata. Terdapat berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Bukit Indah Simarjarunjung, seperti trekking dan outbound. Namun, kegiatan-kegiatan tersebut harus dilakukan dengan pendampingan profesional untuk keselamatan bersama.

6. Desa Wisata Tomok

Selain destinasi alam, liburan Anda tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke Desa Wisata Tomok. Tomok merupakan sebuah desa kecil yang ada di pesisir timur Pulau Samosir, Danau Toba. Desa Wisata Tomok terkenal akan sejarah dan budaya suku Batak yang khas. 

Desa ini pun dikenal sebagai salah satu pintu masuk ke Pulau Samosir dari pelabuhan wisata di Parapat. Anda dapat melihat-lihat patung Sigale-Gale, pemakaman kuno para Raja Batak, dan rumah-rumah adat di kawasan kampung Batak tersebut.

7. Taman Eden 100

Pilihan liburan ke wisata Parapat berikutnya adalah Taman Eden 100. Destinasi wisata kota di sekitar Danau Toba ini memiliki tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat tersebut adalah Taman Buah, Kebun Andaliman, Galeri Andaliman, dan Air Terjun Tongguran.

Taman Eden 100 adalah kawasan wisata yang unik karena tidak hanya keindahan alamnya yang bisa dinikmati, tetapi juga wahana agrowisata yang mengasyikkan. Hal inilah yang membuat Taman Eden 100 menjadi sangat populer, terutama di kalangan anak muda.

Baca juga: Ini Dia 8 Manfaat Liburan Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

8. Desa Tuk-Tuk

Selain Desa Wisata Tomok, Desa Tuk-Tuk adalah salah satu desa yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya berada di antara Desa Ambarita dan Tomok, Pulau Samosir. Desa Tuk-Tuk sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga.

Objek wisata di Parapat ini menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap, mulai dari hotel, restoran, dan peralatan olahraga air. Di sana, Anda dapat berenang, menyelam, berkano, dan memancing. Berlibur di Desa Tuk-Tuk selain untuk quality time bersama keluarga, Anda pun bisa mengenal budaya Batak lebih dalam lagi.

9. Pantai Lumban Silintong

Wisata di Parapat yang berlokasi di tepi barat Danau Toba, tepatnya Desa Lumban Silintong, Balige ini kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk menyaksikan festival Danau Toba. Pantai Lumban Silintong mempunyai destinasi air yang unik, yakni tidak adanya perubahan pasang surut air laut.

Walaupun begitu, Anda tetap harus berhati-hati jika bermain air di sana, terutama jika angin dan gelombang dalam kondisi tinggi atau tidak stabil. Selain aktivitas air, di Pantai Lumban Silintong Anda juga dapat menikmati suasana kafe-kafe kekinian yang sayang untuk dilewatkan.

10. Bukit Gibeon

Bukit Gibeon adalah objek wisata di Parapat yang juga dijadikan sebagai pusat pendidikan rohani. Pengunjung bisa menikmati panorama alam yang memesona sembari merasakan atmosfer rohani yang membantu pikiran menjadi lebih damai dan tenang.

Relaksasi tersebut juga akan membuat perasaan lebih bahagia sehingga stres dan cemas pun hilang. Selain itu, perasaan yang bahagia dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Jadi, bagi Anda yang menyukai liburan sambil mendalami nilai-nilai spiritual kedamaian dan kesunyian, maka Bukit Gibeon adalah destinasi wisata kota di sekitar Danau Toba yang cocok.

Baca juga: 10 Tips Traveling Yang Aman dan Menyenangkan, Wajib Catat!

Itulah beberapa rekomendasi wisata di Parapat yang dapat Anda jadikan sebagai tempat liburan saat berkunjung ke sana. Jika Anda tertarik untuk liburan ke tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia, ikutilah program menarik dari AQUA.

AQUA melalui program AQUA 100% Murni 100% Petualangan Indonesia mengajak Anda berlibur secara gratis ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia. Caranya sangat mudah, Anda cukup membeli produk-produk AQUA di toko-toko terdekat maupun secara online. Kemudian, kirimkan bukti pembeliannya ke WhatsApp resmi AQUA di nomor 087878700048.

Program ini akan berlangsung dari tanggal 29 Mei-30 September 2024. Semakin sering Anda membeli produk AQUA, maka semakin besar pula kesempatan Anda memenangkan paket liburan gratis keliling Indonesia dan voucher hotelnya.

Tunggu apalagi? Ikutan sekarang, yuk!

Baca juga: 8 Tips Solo Traveling & Alasan Kenapa Harus Dicoba Sesekali

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .