6 Fungsi Lemak bagi Tubuh yang Utama & Patut Diketahui

Hidup Sehat | 29 Juni 2022

Bagikan:

6 Fungsi Lemak bagi Tubuh yang Utama & Patut Diketahui

Selama ini, banyak orang mengira bahwa lemak merupakan kandungan makanan yang berbahaya dan patut dihindari. Kenyataannya, fungsi lemak bagi tubuh cukup krusial mengingat zat satu ini merupakan bagian dari makronutrisi. 

Sehingga, setiap orang tetap membutuhkan asupan lemak, sama halnya seperti tubuh membutuhkan jenis nutrisi lainnya, sebut saja vitamin dan mineral.

Lantas, apa saja fungsi lemak bagi tubuh? Benarkah lemak memiliki peran yang penting terhadap kesehatan? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Jenis-Jenis Lemak dan Sumbernya

Sebelum membahas terkait ragam fungsi lemak bagi tubuh, Anda perlu memahami jenis-jenis lemak dan berbagai sumbernya terlebih dahulu. 

Sebab, meskipun lemak adalah salah satu asupan yang dibutuhkan tubuh, akan tetapi tidak semua jenis lemak baik bagi kesehatan. 

Beberapa di antaranya ternyata bisa berdampak negatif, terutama bila dikonsumsi secara berlebihan.

Sehingga, ada baiknya Anda mengenal beragam jenis lemak yang ada pada makanan agar memperoleh fungsi lemak secara maksimal. Berikut ulasannya.

1. Lemak Jenuh

Lemak jenuh atau dikenal juga dengan sebutan saturated fat merupakan jenis lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di tubuh. 

Sehingga, Anda disarankan mengonsumsinya dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan. Biasanya, lemak jenuh ditemukan pada telur, mentega, keju, susu, jeroan, daging merah, kulit ayam, dan semacamnya.

2. Lemak Tak Jenuh Tunggal

Ada pula lemak tak jenuh tunggal atau monosaturated fat yang tergolong sebagai jenis lemak sehat. Berbeda dari lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), lemak satu ini justru dapat menurunkannya dan bahkan menjaga kadar kolesterol baik (HDL) [1].  

Lemak tak jenuh tunggal umumnya terdapat pada biji-bijian, buah alpukat, minyak zaitun, dan juga kacang-kacangan, seperti kacang almond, kedelai, dan sebagainya.

3. Lemak Tak Jenuh Ganda

Di sisi lain, lemak tak jenuh ganda atau polysaturated fat merupakan lemak sehat yang terdiri atas dua jenis, yakni asam lemak omega-3 dan omega-6. 

Lemak ini juga diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Anda bisa menemukannya pada jenis makanan seperti ikan tongkol, tuna, salmon, minyak jagung, minyak kedelai, dan lain-lain. 

4. Lemak Trans

Sementara, lemak trans adalah jenis lemak tidak sehat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh bila Anda mengonsumsinya. 

Bahkan, jika asupan lemak ini berlebihan, Anda lebih berisiko mengalami berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, stroke, atau juga penyakit jantung [1].

Umumnya, lemak trans diperoleh dari berbagai produk makanan olahan, seperti donat, sosis, kentang goreng, biskuit, pizza, dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Makanan Berkalori Tinggi & Sehat untuk Tambah Berat Badan

Lalu, Apa Fungsi Lemak bagi Tubuh?

Adapun berbagai fungsi lemak bagi tubuh, di antaranya:

1. Menghasilkan Energi

Pada dasarnya, fungsi lemak adalah sebagai sumber energi sehingga Anda pun tetap dapat menjalani aktivitas sehari-hari. Ya, selain dari protein dan karbohidrat, tubuh Anda nyatanya juga menghasilkan energi dari lemak-lemak yang tersimpan.

Sebab, dalam 1 gram lemak diketahui terdapat 9 kkal, di mana jumlah ini lebih besar dibanding protein dan karbohidrat yang hanya memberikan 4 kkal untuk setiap gramnya [2].

2. Membantu Penyerapan Vitamin

Fungsi lemak bagi tubuh lainnya adalah membantu mengangkut atau menyerap sejumlah vitamin, seperti vitamin A, D, E, dan K. 

Empat vitamin akan larut dalam lemak sehingga akhirnya dapat diserap oleh tubuh secara optimal. Tanpa adanya lemak, zat-zat gizi mikro tersebut tidak bisa diproses dengan baik.

3. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Siapa sangka jika fungsi lemak bagi tubuh adalah sekaligus menyehatkan kulit dan rambut. Perlu Anda ketahui tubuh memerlukan lemak untuk dapat memproduksi minyak alami atau sebum guna mempertahankan kelembapan kulit maupun rambut. 

Di sisi lain, fungsi lemak adalah merangsang pertumbuhan sel serta jaringan kulit dan rambut yang baru dan mencegah kerontokan.

4. Memulihkan Peradangan atau Luka

Di samping menjaga kesehatan kulit dan rambut, fungsi lemak bagi tubuh terutama asam lemak omega-3 dan omega-6 ialah membantu mengatasi peradangan dan menyembuhkan luka. 

Jenis lemak tak jenuh ganda ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh secara alami, sehingga Anda memerlukannya dari asupan makanan.

5. Melindungi Organ Vital Tubuh

Selain itu, fungsi lemak bagi tubuh adalah melindungi organ-organ vital dalam tubuh dari kerusakan. 

Bahkan, lemak diketahui berperan dalam membentuk membran sel dan memproduksi hormon, sehingga mengonsumsinya dapat membantu tubuh bekerja dengan baik. 

Sementara, pada janis dan anak-anak, lemak sehat sangat baik untuk mendukung perkembangan jaringan saraf dan otak.

6. Mengatur Suhu Tubuh

Fungsi lemak bagi tubuh yang terakhir adalah mengatur suhu tubuh, sehingga menjaga Anda tetap merasa hangat. 

Sebab, lemak berlebih biasanya akan disimpan menjadi jaringan lemak, di mana ia berfungsi sebagai isolator dan membuat suhu tubuh Anda terjaga. 

Maka dari itu, jangan heran bila kekurangan lemak membuat Anda cenderung merasa lebih mudah kedinginan.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari dengan Tepat

Kebutuhan Lemak Harian

Nah, untuk mendapatkan berbagai fungsi lemak bagi tubuh di atas, Anda tentu harus mengonsumsinya dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan. Sebab, asupan berlebih justru akan menimbulkan masalah kesehatan. Lantas, berapa jumlah kebutuhan lemak sehari-hari?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerapkan batas aman asupan lemak harian sebanyak 67 gram atau sebesar 5 sendok makan [2]. Jumlah tersebut sama dengan 20-25% kebutuhan kalori harian atau 702 kkal [2].

Lalu, untuk asupan lemak sehat seperti omega-3, kemenkes menganjurkan sebanyak 1.1 gram bagi perempuan dan 1.6 gram bagi laki-laki setiap harinya [2]. Sementara, omega-6 ialah sebanyak 12 gram bagi perempuan dan 17 gram bagi laki-laki.

Nah, kini Anda sudah tahu kan apa fungsi lemak bagi tubuh dan berapa jumlah asupan yang harus dipenuhi setiap harinya. 

Di samping memastikan asupan lemak terpenuhi, Anda juga wajib mengimbanginya dengan pola makan seimbang dan bergizi, termasuk minum air putih yang cukup.

Ya, air juga merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh mengingat tubuh manusia dewasa sebagian besarnya terdiri dari air, yaitu sebanyak 60%. 

Adapun manfaat air adalah membantu melindungi jaringan tubuh, mengangkut nutrisi, mengatur suhu tubuh, melancarkan pencernaan, mengoptimalkan kinerja organ, dan masih banyak lagi.

2 liter air setiap hari dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Akan tetapi, asupan cairan ini pada dasarnya berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada usia, aktivitas, atau juga kondisi kesehatannya. Nah guna mengetahui jumlah air yang harus dikonsumsi, Anda bisa cek artikel Minum air putih sehari berapa liter? Ini Aturan Idealnya!.

Lalu, yang perlu Anda lakukan sekarang ialah memilih air minum terbaik dan tepat untuk dikonsumsi setiap hari. 

Anda bisa mulai dengan memilih #AQUADULU sebagai pilihan air minum yang bagus sebab sumber air minum AQUA berasal dari sumber yang murni dan terlindungi. 

Tak hanya itu, untuk kualitas airnya, AQUA sendiri telah melakukan 400 uji kualitas. Di samping itu, AQUA telah sesuai rekomendasi BPOM dan SNI, sehingga Anda tak perlu meragukan keamanannya. Yuk minum AQUA setiap hari!

Referensi:

  1. 5 Fungsi Lemak bagi Tubuh yang Tidak Bisa Diremehkan - Buka
  2. 6 Fungsi Lemak untuk Membantu Kerja Tubuh, Apa Saja? - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.