Apa itu Meditasi? Ini Manfaat dan Cara Meditasi yang Benar

Hidup Aktif | 06 Juli 2022

Bagikan:

Apa itu Meditasi? Ini Manfaat dan Cara Meditasi yang Benar

Meditasi adalah teknik relaksasi yang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres ataupun kecemasan dalam diri Anda. Latihan ini pada dasarnya memang ditujukan untuk membantu memperoleh ketenangan batin dan pikiran.

Bukan cuma itu, manfaat meditasi adalah untuk meningkatkan konsentrasi maupun fokus melalui pengelolaan pernapasan. Akan tetapi, hal tersebut tidak bisa tercapai bila Anda melakukannya dengan cara yang kurang tepat.

Nah, kali ini kita akan membahas seputar apa itu meditasi, manfaat, hingga langkah-langkah melakukannya dengan benar. Yuk simak sampai habis!

Apa itu Meditasi?

Sederhananya, meditasi adalah sebuah teknik yang menggunakan pikiran dan kesadaran mendalam untuk berkonsentrasi [1]. Secara umum, latihan ini dilakukan dalam posisi duduk dengan mata tertutup dan biasanya secara individual.

Namun, bila dirincikan, meditasi bisa dilakukan dalam beberapa teknik, misalkan meditasi mindfulness di mana Anda berfokus pada kesadaran diri. Adapula meditasi terfokus, yaitu memusatkan konsentrasi menggunakan satu panca indra.

Adapun tujuan meditasi adalah untuk melepaskan segala beban pikiran maupun kecemasan dalam hidup, sehingga akhirnya membuat perasaan atau batin Anda jauh lebih tenang dan damai.

Manfaat Meditasi

Bukan hanya sekadar memberikan ketenangan batin dan pikiran, meditasi adalah metode relaksasi yang menyimpan segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Adapun berbagai manfaat meditasi adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi Kecemasan

Manfaat meditasi yang pertama adalah membantu mengurangi kecemasan dalam diri Anda. 

Meditasi akan membuat Anda merenungkan pikiran-pikiran negatif yang memicu kecemasan tersebut lalu menciptakan kedamaian batin dan suasana hati lebih baik.

Jika melatihnya secara rutin, meditasi akan menjadikan Anda jauh lebih tenang dan tidak mudah terpengaruh, putus asa, maupun patah semangat saat mengalami kejadian-kejadian kurang menyenangkan.

2. Mengatasi Stres

Di samping mengurangi kecemasan, manfaat meditasi adalah mengatasi stres maupun depresi yang Anda alami. 

Teknik relaksasi ini diketahui mampu menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stres sehingga membantu Anda merasa jauh lebih tenang

Maka dari itu, tidak heran bila meditasi adalah metode yang dilakukan selama ribuan tahun mengingat efektivitasnya dalam mengatasi stres.

3. Menghindari Kebiasaan Buruk

Manfaat lainnya dari meditasi adalah mengurangi kebiasan-kebiasaan buruk. Hal ini berkaitan dengan bagaimana meditasi mampu menciptakan ketenangan batin, sehingga membuat Anda menjadi jauh lebih positif dan terhindar dari pikiran negatif.

4. Menjadi Lebih Sabar dan Pemaaf

Ketenangan dan kedamaian yang diperoleh dari meditasi juga akan membuat Anda menjadi sosok pemaaf dan lebih sabar dalam menghadapi masalah apapun. Sebab, meditasi melatih Anda berpikir secara jernih dan penuh kebaikan.

Baca juga: 13 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Yuk Coba!

5. Melatih Sikap Bijaksana

Selain membuat Anda lebih sabar dan pemaaf, manfaat meditasi adalah melatih Anda bersikap bijaksana. 

Sebab, latihan ini mengajarkan untuk memperhatikan segala sesuatunya dengan menyeluruh dan mendalam, tidak hanya berdasarkan luarnya saja.

6. Meningkatkan Fokus

Tujuan utama dari meditasi adalah berkonsentrasi dalam melepas pikiran-pikiran negatif. 

Hal ini akan mengasah kemampuan Anda untuk fokus terhadap segala hal, terutama jika Anda melatih secara rutin.

7. Meningkatkan Kreativitas

Tahukah Anda, meditasi adalah latihan relaksasi yang secara tidak langsung juga memengaruhi tingkat kreativitas. 

Sebab dengan pikiran tenang, jernih, dan juga konsentrasi penuh, Anda jadi bisa lebih mudah menciptakan ide-ide baru.

8. Mencegah Insomnia

Siapa sangka jika manfaat meditasi dapat mencegah Anda dari gangguan insomnia. Hal ini dikarenakan rasa damai dan pikiran tenang yang tercipta ketika Anda melakukan meditasi akan membantu Anda tidur lebih mudah dan nyenyak.

9. Mengatasi Hipertensi

Manfaat meditasi yang terakhir ialah mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pasalnya, latihan relaksasi ini diketahui membuat tubuh Anda mampu menahan respon terhadap hormon pemicu stres yaitu kortisol.

Dengan demikian akan memicu vasodilatasi dan menurunkan tahanan perifer pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun.

Cara Meditasi yang Benar

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya di atas, lalu bagaimanakah cara meditasi yang benar? Berikut langkah-langkah paling mendasar melakukan meditasi.

1.Tetapkan Waktu Terbaik

Pertama, tetapkanlah waktu untuk melakukan meditasi. Ada baiknya Anda memilih waktu yang tenang dan bukan jam-jam sibuk. 

Jangan sampai malah Anda merasa terganggu atau terburu-buru karena harus mengerjakan sesuatu lainnya.

Anda bisa melakukan meditasi pada waktu dini hari atau subuh untuk mendapat ketenangan atau keheningan.

2.Cari Posisi yang Nyaman

Sebetulnya, meditasi dapat Anda lakukan di mana pun, selama tempat tersebut tenang dan tidak ada gangguan. Pilihlah lokasi yang membuat Anda dapat memposisikan diri dengan rileks.

Jangan lupa gunakan pakaian longgar dan nyaman sehingga Anda pun bisa berkonsentrasi secara penuh.

3. Posisikan Tubuh dan Fokus pada Pernapasan

Saat meditasi, pastikan bahu Anda dalam keadaan rileks. Letakkan tangan di pangkuan, sementara mata terbuka setengah tanpa benar-benar menatap sesuatu. Lalu, fokuskan perhatian pada aliran napas secara mendalam.

Nikmati setiap hembusan napas dan pusatkan seluruh konsentrasi padanya. Hal ini akan menghapus beban pikiran atau kecemasan yang ada dalam diri Anda secara perlahan.

Kemudian, cobalah lemaskan otot-otot tubuh Anda sedikit demi sedikit tanpa tergesa-gesa. Anda bisa membayangkan hal-hal menyenangkan, entah itu tempat atau momen berharga yang bersifat nyata maupun khayalan belaka.

Baca juga: 14 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi yang Efektif

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu meditasi, manfaat, hingga cara melakukannya. 

Meskipun meditasi adalah metode yang dapat membantu mengatasi stres dan depresi, akan tetapi latihan ini pada dasarnya hanyalah sebagai alternatif.

Jika Anda merasa meditasi tidak cukup meredakan kecemasan yang Anda alami, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi pada psikolog maupun psikiater untuk mengatasi masalah kesehatan jiwa tersebut.

Selain itu, jangan lupa pastikan asupan cairan tubuh Anda selalu terpenuhi dengan minum air putih yang cukup, yakni sebanyak 2 liter atau 8 gelas setiap hari. Jangan salah, manfaat air putih bukan hanya untuk tubuh, namun juga kesehatan jiwa.

Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi, sebab hal tersebut dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi dan fokus mengingat otak juga memerlukan asupan air. Bahkan, dehidrasi juga diketahui bisa menyebabkan sel-sel otak menyusut.

Oleh karena itu, cukup minum adalah hal yang penting untuk dilakukan di samping latihan meditasi. Anda bisa mulai dengan menyediakan air minum yang bagus seperti AQUA di rumah.

AQUA merupakan air mineral berkualitas yang berasal dari 17 sumber air pegunungan pilihan di Indonesia.  

Bahkan melalui program AQUA Lestari, AQUA berupaya menjaga kelestarian air dengan melakukan empat pilar kegiatan.

Adapun di antaranya melakukan perlindungan sumber daya air, optimalisasi kemasan dan pengumpulan sampah kemasan, distribusi produk berkelanjutan, serta pengurangan jejak karbon.

Oleh karenanya, AQUA dikenal  sebagai air minum terbaik dan tak perlu Anda ragukan lagi kemurniannya. Sebab, setiap tetes kesegaran AQUA selalu terlindungi hingga akhirnya tiba di tangan Anda.

Jangan lupa minum #AQUADULU setiap hari!

Referensi:

1. Bukan Hanya Bikin Tenang, Ini Manfaat Meditasi untuk Tubuh - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.